• syailendrastab@gmail.com
  • 0298-318132
  • 2022-07-27
  • Admin

      Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Pengabdian kepada Masyarakat (PM) merupakan salah satu kegiatan akademik yang harus dilalui oleh mahasiswa STAB Syailendra sebelum menyelesaikan tugas akhir (skripsi). Program PPL merupakan kegiatan latihan dimana para mahasiswa STAB Syailendra diterjunkan ke sekolah formal untuk belajar serta mendapatkan pengalaman mengajar secara langsung dengan bimbingan dari para guru pamong dan kepala sekolah. Selain melaksanakan PPL, di waktu yang bersamaan para mahasiswa juga akan melaksanakan PM kepada umat Buddha secara khusus, dan masyarakat luas pada umumnya. Kegiatan PPL dan PM dilaksanakan bersamaan untuk memberikan pengalaman di masyarakat bahwa selain mengajar mahasiswa juga harus mampu bekerja sama dan menjadi agen perubahan untuk kemajuan masyarakat.

 

      Sebelum secara resmi melaksanakan Praktik Pengalaman Lapangan dan Pengabdian kepada Masyarakat, mahasiswa telah dibekali kemampuan dan keterampilan tambahan agar memahami cara mengaplikasikan ilmu. Mahasiswa kemudian melakukan proses perizinan PPL dan PM serta observasi dan wawancara terkait keunggulan dan kekurangan/permasalahan siswa, sekolah, dan masyarakat. Selanjutnya mahasiswa diserahkan secara simbolik oleh Pimpinan STAB Syailendra kepada instansi terkait. Dalam hal ini instansi yang menerima para mahasiswa peserta PPL adalah SD Negeri Candigaron 1 dan SMP Negeri 2 Sumowono. Sedangkan PM dilaksanakan di Desa Candigaron sebagai posko PM, maka Kepala dan segenap aparatur Pemerintahan Desa Candigaron bersama tokoh masyarakat secara simbolik menerima mahasiswa untuk melaksanakan PM di Desa Candigaron.

      Penyerahan mahasiswa PPL-PM STAB Syailendra ini dilaksanakan di Vihara Vidyasasana, Dusun Candi, Desa Candigaron, Kec. Sumowono, Kab. Semarang pada Senin, 25 Juli 2022. Dalam kesempatan ini dihadiri oleh Ketua STAB Syailendra, para Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Perangkat Desa Candigaron, Kepala Sekolah SD Negeri Candigaron 1, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Sumowono dan juga para ketua vihara se-Kec. Sumowono, Kabupaten Semarang.

 

      Dalam sambutannya, Ibu Kustiani, Ph.D., menyampaikan izin serta memohon bimbingan dari berbagai pihak yang dilibatkan dalam PPL-PM ini agar para mahasiswa dapat melaksanakan dan menyelesaikan tugas mereka dengan baik serta dapat memberikan manfaat bagi semua pihak. Bapak Kusmadi, M.Pd., Kepala SMP Negeri 2 Sumowono dan Ibu Pawit Supriyani, S.Pd.SD., Kepala SD Negeri Candigaron 1 dan 2 juga menyampaikan kebanggaan dan rasa terima kasih kepada STAB Syailendra karena secara berkelanjutan menjadi mitra dan dipercaya belajar bersama mahasiswa PPL. Perangkat Desa Candigaron juga meminta mahasiswa STAB Syailendra untuk terus membimbing umat Buddha yang ada di Desa Candigaron sembari menjaga persatuan dan kesatuan di Desa Candigaron.

      Penyerahan secara simbolik mahasiswa PPL-PM STAB Syailendra ini diakhiri dengan penyerahan Panduan PPL kepada para Kepala Sekolah, dan Panduan PM kepada Perangkat Desa Candigaron dilanjutkan dengan foto bersama.

Selamat menjalankan PPL dan PM mahasiswa semester VII STAB Syailendra. Semoga memberikan manfaat kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan PPL-PM. Belajar, aksi, dan mawas diri.

Salam Metta,

Admin STAB Syailendra